Shalat yang Terlupa

Posted: 14 Juli 2010 in Fiqih Sholat
Tag:

Assalamu alaikum wr.wb.

saya ingin menanyakan bagaimana ketika kita benar-benar terlupa melaksanakan sholat ashar dan baru teringat ketika sudah masuk sholat maghrib, apa yang harus dilakukan??

yang kedua ketika ingin menjamak sholat djuhur dengan ashar dan dilaksanakan pada waktu sholat ashar, sholat mana dulu yang dikerjakan?? karena sholat setelah sholat ashar itu haram dilakukan

Wassalamu alaikum wr.wb.

Jawaban:

Assalamu alaikum wr.wb.

Orang yang tidak melakukan salat pada waktunya entah akibat lupa atau tertidur, ia wajib untuk segera mengganti dan mengerjakannya ketika ingat dan terbangun dari tidur.

Dalam hal ini Nabi saw. bersabda, “(Meninggalkan kewajiban) di saat tidur tidak bisa disebut  melalaikan. Melalaikan hanya terjadi di saat terjaga. Karena itu, apabila seseorang lupa mengerjakan salat atau tertidur sehingga tidak mengerjakannya, hendaknya ia mengerjakan salat tersebut pada saat ingat (terbangun).” (H.R. al-Bukhâri dan Muslim).

Atas landasan itulah, Anda bisa mengerjakannya seketika di saat ingat. Kalau Anda ingat sebelum shalat magrib, maka Anda harus melaksanakannya sebelum shalat magrib. Namun jika baru ingat sesudah shalat maghrib,  ia dilakukan sesudah shalat maghrib. Bahkan Jumhur ulama berpendapat bahwa boleh meng-qadha shalat yang tidak dikerjakan akibat tidur atau lupa di waktu-waktu yang dimakruhkan sekalipun.

Lalu terkait dengan pertanyaan kedua,  jamak ta’khir disunnahkan untuk dilakukan sesuai urutan shalat. Artinya disunnahkan untuk melaksanakan shalat zhuhur dulu baru shalat asar. Namun ia tidak wajib. Menjaga urutan shalat hanya wajib pada jamak taqdim.

Wallahu a’lam bi al-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s